search !

Kamis, 10 Februari 2011

Aliran-aliran Seni Lukis Modern

yah sekarang saya mau ngepost tentang Aliran-aliran Seni Lukis Modern yang kebetulan ditugasi oleh guru Seni di sekolah yah kita mulai saja yaa, selamat menikmati


Aliran Seni Lukis
1. Realisme
Realisme di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa unruk memperlihatkan kebenaran, bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun.

Daftar pelukis realisme terkenal
 Karl Briullov
 Ford Madox Brown
 Jean Baptiste Siméon Chardin
 Camille Corot
 Gustave Courbet
 Honoré Daumier
 Edgar Degas (juga seorang Impressionis)
 Thomas Eakins
 Nikolai Ge
 Aleksander Gierymski
 William Harnett (spesialis trompe l'oeil)
 Louis Le Nain
 Édouard Manet (berhubungan pula dengan Impressionisme)
 Jean-François Millet
 Ilya Yefimovich Repin
 Herri Soedjarwanto
2. Surrealisme
Lukisan dengan aliran ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi. Pelukis berusaha untuk mengabaikan bentuk secara keseluruhan kemudian mengolah setiap bagian tertentu dari objek untuk menghasilkan sensasi tertentu yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya. Salah satu tokoh yang populer dalam aliran ini adalah Salvador Dali.



3. Kubisme
Adalah aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Pablo Picasso.


4. Romantisme
Merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya. Pemandangan alam adalah objek yang sering diambil sebagai latar belakang lukisan.Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri di zaman kolonial. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Raden Saleh.

5. Abstraksionisme
Adalah usaha untuk mengesampingkan unsur bentuk dari lukisan. Abstraksi berarti tindakan menghindari peniruan objek secara mentah. Unsur yang dianggap mampu memberikan sensasi keberadaan objek diperkuat untuk menggantikan unsur bentuk yang dikurangi porsinya. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Ruud Vanekamp.


6. Ekspresionisme
Berusaha menampilkan emosional atau sensasi dari dalam di hubungkan dengan tragedi atau apa yang terjadi. Definisi lain adalah kebebasan distorsi bentuk dan warna untuk melahirkan emosi ataupun menyatakan sensasidari dalam (baik objeknya maupun senimannya). Tokoh terkenal dari aliran ini adalah Matthias Grünewald dan El Greco

7. Impresionisme
Berusaha menampilkan kesan yang di tangkap dari objek. Yang menjadi masalah dalam hal teknik adalah Sebagian kaum impresionis sangat mementingkan warna yang di timbulkan oleh bias cahaya,namun akdemisi mementingkan garis. Tokoh terkenal dari aliran ini adalah Macchiaioli dan Winslow Homer.




8. Fauvisme
Nama faufisme diberikan oleh seoramg kritikus bernama LouisVauxceles yang terkejut melihat liarnya sekelompok artis muda yang sedang berpameran di salon d’Automne, tahun 1905. Menurut matisse yang menjadi tokoh dalam aliran ini, Faufisme adalah suatu reaksi terhadap post impressionime yang mempunyai tekni yanglamban dan lambat, dan jugamempunyai teoridevision yang kurang tepat. Aliran ini masih di pengaruhi oleh teorinya cezane tentang impressionisme. Bahwa tatanan warna masih harus mempunyai struktur yang kuat, yang di bangun hubungan interaksi antara warna-warna tertentu. Faufisme masih memakai teori initetapi lebih di kembangkan lagi, ialahbahwa warna-warna itu jika diamati, kemudianharus di padatkan lagi dan di olah lagi. Disamping itu juga menentukan sikap bahwa tidak ada pendahuluan secara teoritis terhadap warnaagar coco untuk suatu pembentukan objek.
Tokoh Fauvisme
 Henri Matisse
 André Derain
 Georges Braque
 Albert Marquet
 Henri Manguin
 Charles Camoin
 Henri Evenepoel
 Jean Puy
 Maurice de Vlaminck
 Raoul Dufy
 Othon Friesz
 Georges Roua

9. Naturalisme
Seni lukis yang sangat mengandalkan skil atau ketrampilan tangan sehingga hasilnya terlihat alami, persis seperti fotografi berwarna. Tokoh terkenal dari aliran ini adalah William Bliss Baker.


10. Dadaisme
Ciri khas dari karya dadaisme adalah sini dan tidak mau ilusi atau ketiadaan ilusi. Yang kemudian diungkapkan dalam bentukmain-main, mistis, sesuatu yang menimbulkan goncangan jiwa yang mendadak,juga ada tanda-tanda merusak yang telah ada, sesuai dengan sifat lingkungan perang.




11. Post-Impresionisme
Paham impresionisme terus berlanjut dan melahirkan paham baru yang dimotori oleh Cezanne. Ia menolak pandangan sebelumnya terutama penggunaan perspektif sejak zaman Renaissance dan pandangan kaum impresionis yang melukiskan kesan cahaya pada benda, ia ingin mengembangkan seni rupa dua dimensional dari goresan, ia membuat lapisan-lapisan ruang, bentuk geometris, irama warna, garis dan bentuk dengan hati-hati menyusun hubungan-hubungan bentuk dalam bidang lukisan. Dalam sebuah karyanya berjudul Still Life with Apples, ia berkonsentrasi dalam mendapatkan keindahan melalui keseimbangan, intensitas warna, kesan kedalaman ruang walaupun ia melakukan distorsi terhadap obyeknya. Tokoh lain yang terkenal dari kelompok impresionisme adalah George Seurat, van Gogh dan Gauguin.











12. Neo-Klasikisme
Sebagai reaksi gaya Baroque dan Racoco, muncul pandangan baru tentang estetika. Dalam seni lukis para seniman berupaya menggali kembali ide-ide estetik zaman klasik Yunani dan Romawi. Untuk itu pelukis merekonstruksi bentuk-bentuk patung Yunani dan Romawi ke dalam lukisannya karena peninggalan lukisan tidak banyak. Maka lahirlah pandangan baru dalam mengungkapkan gagasan yang disebut Neo Klasik. Dalam seni lukis dipelopori oleh Jacques-Louis David dengan lukisannya yang terkenal The Oath of the Horatii (gb.94), komposisinya statis dan suasananya mencekam dengan sedikit menampilkan obyek.











13. Futurisme
Di Italia pada tahun 1910 muncul reaksi oleh kelompok seniman yang dipelopori oleh Marcel Ducamp terhadap industrialisasi dan perubahan gaya hidup modern yang serba bergerak dan berubah sangat cepat. Komsepsi estetiknya adalah berupaya menangkap karakteristik dari kekuatan, kecepatan dan perubahan dalam kehidupan modern. Hal ini terungkap secara visual dalam lukisan Duchamp dengan judul Nude Descending a Staircase (gb. 105). Dalam lukisan tersebut ia mengabstraksikan obyeknya dan menjajarkannya menjadi suatu rang-kaian bentuk bagaikan potografi yang menggunakan teknik stop-action waktu memotret orang bergerak sehingga terekam bentuk gerakannya.





• Beberapa Pelukis Indonesia antara lain sebagai berikut.* Affandi* AgusDjaya* BasukiAbdullah* DjokoPekik* Dullah* HendraGunawan* Jeihan* Kartika Affandi* Lee Man Fong* Otto Djaya* Popo Iskandar* Raden Saleh* S.Sudjojono* Srihadi* Sri Warso Wahono.


yah segitu saja post kali ini, mohon maaf tidak bisa menampilkan contoh lukisannya silahkan cari saja sendiri di internet :) dan semoga tidak membantu hahaha

salam abstrak

Hagi Pradita

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar